JAKARTA, BANKOM SEMARANG NEWS.ID – Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokman menyebutkan, bahwa Kepolisian RI (Polri) menjadi institusi paling responsif dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang disampaikan Komisi III. Data yang diketahui, sebanyak 469 aduan masyarakat yang masuk ke Komisi III DPR selama tahun 2024 ini.
Baca juga : Puncak Arus Balik Nataru 2024 Diprediksi Terjadi Besok Minggu, Polda Jateng Beri Sejumlah Tips
“Polri adalah mitra Komisi III yang paling responsif menindaklanjuti temuan aduan dari masyarakat yang disampaikan ke Komisi III. Tingkatnya hampir 94 persen, hampir 100 persen. Kenapa? Karena setiap kita tindaklanjuti aduan tersebut, langsung direspons,” kata Habiburokman dalam jumpa persnya di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/12/2024).
Baca juga : Dua Hari Tersesat Di Gunung Agung, Basarnas Dan Tim Gabungan Berhasil Selamatkan Dua Pendaki
Dicontohkan, seperti adanya aduan masyarakat di suatu daerah kepada Komisi III DPR. Pihaknya langsung menindaklanjuti aduan tersebut kepada Korps Bhayangkara.
“Kapolresnya langsung telepon, langsung memberikan data-data terkait. Langsung saat itu kita komunikasikan, kita kawal terus bagaimana penanganannya,” ujarnya.
Selanjutnya, Habiburokman menyampaikan, mitra kerja kedua yang dinilai paling responsif adalah Kejaksaan Republik Indonesia, dengan tingkat responsifnya adalah 89%.
Baca juga : Pantau Lalu Lintas Nataru, Menteri PU Kunjungan Ke JMTC Bekasi
“Komisi Yudisial 85 persen, PPATK kurang lebih sama, Mahkamah Konstitusi 78 persen, KPK, BNN, dan MA,” tuturnya.
(ADC/.hms)